Senin, 09 November 2009

Hasil Psikotest Analisis Kepribadianku

Dua minggu yang lalu saya ikut psikotest. Hasil psikotest terbaru kemarin baru saja selesai dan saya terima hasilnya. Ada yang mengejutkan ternyata, kok nilai IQ saya meningkat ya? Aneh... soalnya saya pernah baca buku katanya kalau IQ seseorang itu cenderung tetap. Tapi lucunya lagi pas baca hasil analisis kepribadiannya. Saya baca tiap kalimatnya sambil senyam-senyum sendiri, terus sesekali mengangguk-angguk tanda mengiyakan. Tapi kadang-kadang juga mengernyitkan dahi tanda perasaan nggak gitu-gitu amat dah! Deskripsi lengkapnya seperti ini:

Dimas Angga Kusuma, adalah seorang yang kuat. Ia adalah seorang yang ekstrovert, pelaku sebuah pekerjaan dan selalu optimis. Berbakat sebagai pemimpin, dinamis dan aktif, sangat memerlukan perubahan, harus senantiasa memperbaiki kesalahan, kemauan kuat dan tegas, tidak mudah patah semangat, bebas, dan mandiri. Ia senantiasa memancarkan keyakinan, bisa menjalani apa saja, motivator yang hebat, berorientasi pada target, detail, terorganisir dengan baik, cenderung untuk mencari pemecahan yang praktis, bergerak cepat, mendelegasikan pekerjaan, menekankan hasil, dan kompetitif.

Memiliki kepribadian yang menarik, suka berbicara, emosional, humoris, ingatannya kuat, mampu berbicara dengan memukau, demonstratif, ekspresif, antusias, penuh semangat, penuh rasa ingin  tahu, good performance, gampang jatuh cinta, suka dipuji, dan bersikap spontan.

Sebagai teman, dia cenderung kurang butuh teman, maunya memimpin, biasanya selalu merasa benar dan unggul dalam keadaan yang sifatnya darurat. Yang peling menonjol adalah, bahwa ia seorang pekerja keras, ambisius dalam mengejar prestasi. Ia tidak bisa bersantai-santai dan selalu tegang. Ini membuat ia gampang mengalami depresi.

Dia hanya mampu berbahagia jika berposisi sebagai pengendali alias pemimpin. Dia selalu mendominasi dan akan menjatuhkan dengan sengaja atau tak sengaja jika ada atasannya yang lembek.

Dia selalu sok unggul dan meremehkan orang lain. Namun uniknya, dia mampu memanipulasi (tingkat partisipasi terendah, di mana seseorang mengikuti orang lain tanpa tahu apa maksudnya) orang sehingga tunduk di bawah kendalinya. Dia juga tidak sabaran, suka menasehati atau memberi solusi meskipun tidak diminta sehingga kesannya menjadi sok tahu dan sok care. Kadang kala ia bersikap otoriter dan senang dengan pertempuran/pertengkaran. Karena jika ia 'bertempur', dan ia menang, maka itulah kesenangan yang ia dambakan. Ia akan senang menyalahkan orang lain dan menganggap ia paling benar. Sayangnya, ia juga sulit untuk minta maaf.

KESIMPULAN: Merupakan seseorang yang memiliki jenis kepribadian perpaduan antara Koleris - Sanguinis dengan sisi Koleris lebih dominan. Cocok disandingkan dengan orang yang berkepribadian Sanguinis, Plegmatis, atau perpaduan antara sanguinis - plegmatis.

*) btw, maksudnya apa tuh kata "disandingkan" di atas? wkwkwkwk... salah ketik kali tuh psikolognya. Kesannya kok jadi kayak biro jodoh neh! hwahahahaha... 

20 komentar:

  1. Hahaha.kalo saya sih ngiranya disandingkan itu partner kang,mau partner hidup (ehm) atau yg laen,hehe

    BalasHapus
  2. partner kerja kayaknya... kekekek.. :D

    BalasHapus
  3. Maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaas, Mbok gambar profil Kamen Rider egat-egotnya diganti! Aku mau baca jadi ga konsen, pengen ketawa terus ...

    BalasHapus
  4. hwahahahaha.... kalo lagi baca tutupin aja pake sementara pake solasi lakban...
    lumayan lah... obat stress... ^^v

    BalasHapus
  5. Ih, dasar aneh!! IQ cenderung tetap, misalnya berubah pun tidak jauh dari skor IQ pertama.
    Pakenya tes apa Mas?

    he'em, bener ... disandingkan maksudnya, partner kerja ga selalu jodoh (tu kan kepikiran jodoh terus). Bisa jodoh sich!

    BalasHapus
  6. hahaahahahaha, iyah, saya juga ga brenti2 senyum ni

    mas dimaaaaasss, tanggung jawab !!!!

    BalasHapus
  7. backgrounnya membuat tulisan gak nyaman dibaca euy:(

    BalasHapus
  8. *Merupakan seseorang yang memiliki jenis kepribadian perpaduan antara Koleris - Sanguinis dengan sisi Koleris lebih dominan -----> mirip dengan hasil tes yang saya ikuti dulu, cuma analisisnya tidak sedetil ini
    *backgrounnya membuat tulisan gak nyaman dibaca euy:( -----------> setuju
    *Maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaas, Mbok gambar profil Kamen Rider egat-egotnya diganti! Aku mau baca jadi ga konsen, pengen ketawa terus ... ----------> ikutan ketawa setelah baca komen ini, baru ngeh kalo kamen ridernya jago egat-egot hahaha

    BalasHapus
  9. Hmmm jadi pengen coba psikotestnya =D

    BalasHapus
  10. psikotes nya di lembaga mana?
    penjelasannya panjang juga ya, informasi nya banyak banget, ga pusing tuh mengartikannya?hehe..
    "disandingkan" itu tergantung tujuan psikotes (seharusnya), kalau ini buat tes kerjaan, berarti itu (mungkin) maksudnya rekan kerja yang bisa cocok.

    soalnya kerjaan saya sehari-hari juga bikin beginian, haha..

    BalasHapus
  11. kalo skornya bertambah 10 poin wajar gak mas?
    hwehehehe.. gak tau nih siapa yg aneh... saya atau psikolognya yg salah ngitung?

    BalasHapus
  12. hmmm.... iya sih... masih under construction soalnya... ntar diganti deh... maaf ya... :)

    BalasHapus
  13. wah... lembaganya saya gak tau... soalnya dikolektif perusahaan. tapi di bawah soalnya ada tulisan psikologi universitas indonesia.

    BalasHapus
  14. weisss.... biarpun gitu tetap milih2 donk hilma...
    hahahaha... :)

    BalasHapus
  15. oh, kirain psikotes atas kebutuhan pribadi, ternyata dari perusahaan.
    kalo ada tulisan psikologi UI di soalnya, itu bukan berarti dari lembaga UI yang ngetes, tapi alat ukur itu izin resminya dipegang oleh psikologi UI.
    lagi ngelamar pekerjaan yah? kalau cocok, pasti diterima lah..
    sukses yaa

    BalasHapus
  16. hahaha....jadi pengen nyobain tes juga m...

    BalasHapus