Sabtu, 27 Februari 2010

Kenali Tubuhmu, Maka Engkau Semakin Beriman!

Socrates pernah berkata: "Jika kamu ingin mengenal Tuhanmu, maka kenalilah dirimu sendiri" maksud dari kalimat ini adalah: kita bisa mengenal keMahabesaran Allah SWT dengan memperhatikan apa yang ada pada diri kita sendiri. Ilmu pengetahuan semakin membuat kamu mengerti akan kekuasaan Allah yang tidak terbatas!

Mari kita bahas berbagai keajaiban dalam tubuh kita:
 
1. OTAK = KOMPUTER

Setiap neuron (sel saraf) terdiri dari satuan-satuan yang hanya bertanggungjawab untuk meneruskan informasi. Satu otak saja bisa memproses kerja yang sama dengan 4,5 juta transistor pada mikroprosesor modern. Jumlah jutaan ini jadi gak berarti jika dibandingkan dengan 10 miliar neuron-neuron yang sangat tangguh dalam memindahkan informasi dalam otak. Tambahan lagi, gak ada produk industri pengenal rasa bau kayak dalam otak.

2. HORMON = SURAT

Segala hal dalam tubuh merupakan suatu bentuk komunikasi. Banyak pesan dalam bentuk hormon yang tersusun atas molekul-molekul besar. Gak ada alat penerima pada paket-paket pesan yang dibawa hormon. Molekul-molekul yang berlalu-lalang bebas di dalam sistem peredaran darah dan di antara sel neuron. Akan tetapi, paket-paket tersebut senantiasa mencapai tempatnya karena alat-alat tubuh yang menerima pesan tersebut dilengkap dengan sensor-sensor khusus.
 
3. KERANGKA = RANGKA MOBIL

Ada 2 akibat utama yang mungkin terjadi pada sistem apa pun yang menerima guncangan. Hal ini bisa menyebabkan lubang/menyebabkan bagiannya patah. Rangka makhluk hidup dan rangka mobil telah dirancang untuk mengurangi guncangan pada tubuh. Tapi, rangka mobil kemampuannya gak seperti tulang yang bisa memperbaiki dirinya sendiri.

4. OTOT & PENGELUARAN KERINGAT = AC

Gerakan otot menyebabkan pemanasan tubuh dalam cuaca dingin. Otot-otot bisa menyebabkan 90% panas tubuh dengan cara ini. Pengeluaran keringat, di pihak lain, berguna sebagai cara pendingin melawan pemanasan berlebihan. Dua sistem penyeimbang ini bekerja bersama untuk mempertahankan suhu tubuh yang mantap. Sistem ini bekerja jauh lebih cepat & tepat melebihi sistem AC yang ada.

5. MATA = KAMERA

Retina mata adalah alat yang paling peka cahaya di antara seluruh zat. Berbagai jenis sel sensor telah dibuat dengan posisi terbaik untuk menangkap gambar dalam fotografi. Tapi, justru mata secara otomatis menyesuaikan fokus & penglihatan atas kekuatan cahaya luar. Oleh karena itu, mata jauh lebih unggul dari seluruh kamera.

6. TELINGA = HI-FI STEREO

Raambut nyg sangat halus dalam telinga bagian dalam manusia mengubah suara menjadi sinyal-sinyal listrik seperti pada mikrofon. Telinga cuma bisa merasakan suara antara frekuensi 20-20.000 Hz. Spektrum ini paling tepat untuk manusia. Seandainya manusia mendapat spektrum yang lebih besar, maka kita bakal bisa mendengar suara langkah-langkah kaki semut hingga suara frekuensi tinggi di atmosfer. Keadaan ini akan sama sekali gak nyaman buat manusia, karena terus-menerusnya kebisingan.

7. SISTEM KEKEBALAN = ANGKATAN BERSENJATA

Tubuh kita dipertahankan sekitar 200 juta sel-sel darah putih. Seperti halnya tentara, sel-sel darah ini memiliki sistem intelijen, persenjataan mematikan, dan strategi pertempuran khusus. Namun, gak ada tentara di dunia yang setepat waktu & sesempurna serta seberhasil sistem kekebalan.

8. SEL = MESIN

Sel adalah mesin yang sangat efisien menggunakan energi. Sel menggunakan molekul-molekul kecil yang disebut ATP untuk bahan bakar. Efisiensinya dalam pembakaran bahan bakar ini lebih besar dibandingkan mesin mana pun yang dikenal manusia. Di samping itu, sel-sel ini secara serentak mengerjakan berbagai tugas berbeda, yang gak mampu ditangani mesin mana pun yang dibuat manusia.

9. TANGAN = EKSCAVATOR

Tangan bekerja seperti pengungkit. Poros pendukungnya adalah siku, dan di sekelilingnya otot-otot mendukung gerakan melalui pengerutan & istirahat. Ekscavator juga bekerja dengan cara yang sama. Jika ekscavator menggerakan kekuatan yang sama pada semua ragam berat, otot-otot tangan justru dapat mengendalikan besarnya kekuatan yang diberikan.

10. JANTUNG = SISTEM POMPA

Jantung mulai brdetak dalam rahim ibu dan terus berdetak pada tingkat yang beragam antara 70-200 kali per menit tanpa istirahat sepanjang hidup. Selama tiap detakan, jantung bisa istirahat sekitar setengah detik. Jantung berdetak sekitar 10.000 kali sehari. Jantung milik manusia seberat 60 kg memompa sekitar 6,5 liter darah setiap hari. Seumur hidup, jantung memompa cukup darah untuk mengisi 500 kolam renang dengan isi 300 kubik meter. Pompa-pompa buatan gak pernah bisa bekerja begitu lama tanpa perbaikan menyeluruh.

11. GINJAL = SISTEM PENGOLAHAN LIMBAH

Ginjal manusia menyaring sekitar 140 liter darah setiap hari, melalui 1 juta unit penyaringan kecil yang disebut nefron, & terus berlanjut hingga sekitar 80 tahun tanpa istirahat. Proses pengolahan limbah yang dirancang untuk limbah industri bisa menangani jumlah yang jauh lebih besar, tapi usianya sangat pendek. Selanjutnya, campuran kimiawi zat yang disaringnya jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan darah. Ginjal jauh lebih rumit & efisien dibanding tempat pengolahan limbah manapun.

Hai manusia apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh) mu seimbang. (QS Al-Infithar 6-7)

wallahu'alam bishawaf     

10 komentar:

  1. ini baru potensi fisiknya, klo potensi spiritualnya dibahas, bisa 7 hari 7 malem, 3 kali lebaran ga habis2.. persis bang toyib deh... hahahaha

    BalasHapus
  2. subhanallah.. jadi inget aku sering dimarahin ibu karena kurang baik menjaga ginjal....

    BalasHapus
  3. mmmhhh,,
    semakin sadar saya, terutama sejak sekolah buat jadi medical lab technologist...

    BalasHapus
  4. Memang belajar anatomi bkin qt makin berSyukuur ats keajaiban tbuh Qt

    BalasHapus